Hari Pertama, Pendaftar CPNS 301 Orang

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Surabaya mulai dibuka 26 Oktober kemarin.Namun animo masyarakat belum begitu tampak.

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Surabaya mulai dibuka 26 Oktober kemarin.Namun animo masyarakat belum begitu tampak.

Sejak dibuka pukul 08.00 WIB, gedung convention hallJalanArif Rahman Hakim masih terlihat sepi. Bahkan hingga menjelang penutupan pukul 14.00 WIB total pendaftar hanya 301 orang. Dari jumlah tersebut, 154 lolos pemberkasan. Sisanya sebanyak 147 berkas dikembalikan. Jumlah tersebut berbeda jauh jika dibandingkan tahun- tahun sebelumnya. Sebab pada saat itu, ribuan pendaftar langsung memadati meja pendaftaran begitu loket dibuka.

Hal ini mengindikasikan jika sosialisasi atas pendaftaran CPNS tak maksimal.Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya, Yayuk Eko Agustin membenarkan kondisi tersebut. Menurut dia, sosialisasi CPNS yang serentak di seluruh Jatim membuat calon pelamar terpecah. Mereka tidak terfokus di Surabaya saja. “Kalau dulu, Kota Surabaya memang selalu mendahului.

Karena itu jumlah pendaftar selalu banyak,” terangnya. Alasan lainnya adalah karena waktu pendaftaran yang lumayan panjang yakni hingga 15 hari.“Dilihat saja,pertengahan nanti mungkin mulai banyak,” katanya optimistis. Sementara itu,Yayuk menyatakan jika pendaftaran CPNS kali ini jauh lebih efektif dan mudah.

Ini lantaran pendaftaran tidak memerlukan formulir sebagaimana daerah lain. Begitu masuk,pendaftar tinggal mengisi biodata tentang data diri dan kelengkapan persyaratan. Setelah itu berkas dilakukan pengecekan oleh panitia. Begitu berkas dinyatakan lengkap, identitas pelamar langsung dimasukkan untuk mendapatkan nomor peserta tes. “Teknis seperti ini kami terapkan agar calon peserta tidak kesulitan.

Tak hanya itu, mereka juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk sekadar membeli formulir. Sebab pendaftaran CPNS ini benarbenar gratis semua,”imbuhnya. Khusus untuk pelaksanaan tes, Yayuk mengaku telah menyiapkan 12 tempat di tambah dua tempat cadangan. Total 14 tempat tersebut kata Yayuk berada ruang kelas (lihat tabel)dengan jumlah kapasitas setiap kelas 40 orang.

Di tempat inilah mereka akan diawasi oleh dua pengawas.Masing-masing satu pengawas dari internal Pemkot Surabaya dan satu lagi dari guru di sekolah setempat. “Dengan aturan ini, mereka tidak akan bisa saling menyontek atau main mata. Apalagi naskah ujian juga kami buat berbeda satu dengan lain.

Sehingga benar-benar seperti ujian nasional (Unas) siswa sekolah,”terangYayuk. Sementara itu, sejumlah calon peserta mengaku gembira dengan kemudahan tersebut. Kecuali hanya persyaratan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang dinilai terlalu tinggi. Ini lantaran sebagian dari mereka adalah lulusan Perguruan Tinggi (PT) yang terakreditasi di luar A.

“Aturannya, untuk lulusan PT terakreditasi di luar A, minimal IPK adalah 3,00.Padahal rata-rata IPK kami masih di bawahnya,” keluh Fatimah salah seorang pelamar. Sementara itu, Kantor Wilayah (Kanwil) PT Pos Indonesia (Persero) VII sudah bersiap mengirimkan formulir yang akan dikirim pendaftar CPNS 2009. “Yang kerja sama dengan kita bukan hanya BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Pemprov Jatim.

Tapi banyak kabupaten atau kota di Jatim yang menggandeng kami,” terang Comercial and Marketing Mail sekaligus Logistic Manager Kanwil PT Pos Indonesia (Persero) VII Abun Syabana. Dia mengatakan, pendaftaran CPNS tahun ini diprediksi membludak dibanding tahun lalu. Karena itu setiap kantor pos cabang di kabupaten/kota diharuskan membuka minimal 2-3 loket.

“Loketnya tidak menjadi satu dengan tempat pengiriman surat umum dan pembayaran rekening listrik, air, atau cicilan kendaraan. Tapi loketnya berdiri sendiri, khusus melayani pendaftar CPNS,”terangnya. Kebijakan ini diambil, lanjutnya, supaya tidak terjadi antrean. Selain itu,tidak terjadi penumpukan berkas di salah satu cabang.”Kita tidak melakukan penambahan personel loket.

Demikian halnya dengan petugas pengantar surat (balasan/panggilan) juga tidak ditambah,” urainya. Yang ditambah, kata Abun, hanyalah jam kerja antarpetugas. Sebelumnya, jam antar harian berakhir pukul 15.00 WIB.Khusus menyikapi CPNS tahun ini, jam antar diperpanjang sampai malam. ”Kami jamin tidak ada surat yang terlambat karena jarak antara pendaftaran terakhir dengan jadwal tes cukuplah jauh,”pungkasnya.

Sementara itu, data Kanwil PT Pos Indonesia (Persero) VII menyebutkan banyaknya kantor pos cabang yang dipadati peminat CPNS. Di Kota Batu contohnya.Kemarin hingga pukul 12.00 WIB,sudah ada 1.500 formulir yang dikeluarkan kantor pos cabang setempat. Hal serupa juga ada di kabupaten/kota lain, seperti Gresik, Sidoarjo, Jombang, Madiun, Magetan, Kediri, Nganjuk,Malang dan Blitar.

(Sumber:seputar Indonesia/ihya’ ulumuddin/soeprayitno)

(Foto:detik)

 
Komentar Anda
ADVERTISEMENT
Koskosanku.com

Artikel Lainnya