Cat Kamar Sendiri

Koskosanku.com - Cat Kamar Sendiri

Bosan dengan suasana kamar yang itu-itu saja?? rubah kebosanan anda dengan mengecat kamar sesuai dengan warna favorit. Berikut tips mengecat kamar yang baik....

Bagi Anda yang sudah lama tinggal di tempat kost, atau baru saja mendiami kost Anda, mungkin ada beberapa ketidakcocokan dengan fasilitas yang disediakan. Memang, di lingkungan kost, kita tidak bisa berharap mendapatkan fasilitas seperti di rumah.

Seperti warna kamar kost Anda, mungkin warnanya tidak sesuai dengan keinginan Anda atau mungkin catnya mulai pudar sehingga tidak indah lagi dipandang mata. Kini saatnya Anda memperbaharuinya.

Daripada menghabiskan dana lebih untuk membayar ongkos tukang cat, kenapa tidak lakukan sendiri saja? Di samping menghemat, dengan mengecat sendiri Anda juga bisa lebih bebas berkreasi. Anda bisa bebas memberi warna dinding bagian tertentu dengan warna berbeda atau bahkan dengan motif atau gambar yang menarik.

Bagaimanapun, Anda perlu mengenal teknik mengecat dinding yang benar demi mendapatkan hasil yang maksimal. Perhatikanlah hal-hal sebagai berikut:

  1. Pertama, lindungi dahulu lantai dan perabotan yang Anda dalam kamar Anda dari tetesan cat dengan cara menutupinya dengan kertas koran atau plastik. Steker listrik juga dapat dilapisi dengan isolasi.
  2. Periksa dinding kamar yang akan dicat. Untuk permukaan lama, periksa lapisan plamir atau cat lama masih kuat melekat atau tidak. Untuk mengetahuinya, kuaskan air pada permukaan tersebut, tunggu beberapa saat. Jika permukaan tembok tampak gelembung-gelembung, permukaan tembok harus disekrap, yaitu digosok menggunakan alat yang biasanya disebut "sekrap".
  3. Permukaan yang sudah dicat sebelumnya perlu dibersihkan dulu dengan baik dan hilangkan semua bagian cat yang terkelupas, debu, dan kotoran lainnya sebelum melakukan pengecatan dengan cara diampelas lebih dulu dan lapisi dengan satu lapis cat, biarkan sampai permukaan mengering.
  4. Untuk permukaan tembok luar dengan sisa-sisa cat lama yang terkelupas, debu dan kotoran tidak bisa dibersihkan seluruhnya. Berilah sebuah lapisan plamir sebelum permukaan tersebut dicat dengan cat tembok.
  5. Hilangkan sisa-sisa jamur/lumut/minyak dengan membuang lapisan tersebut sampai bersih menggunakan sekrap, kemudian lapisi plamir.
  6. Jika sebelumnya tembok telah berwarna dan ingin mengganti warna, sebaiknya pilihlah cat tembok yang memiliki daya tutup yang kuat, jika tidak, sebaiknya menggunakan kuas rol atau menutup warna yang lama (terutama warna tua) dengan menggunakan plamir tembok.
  7. Untuk mendapatkan hasil akhir terbaik untuk permukaan tembok baru, beton atau permukaan baru lainnya, berikanlah waktu pengeringan secukupnya sebelum proses pengecatan. Waktu pengeringan untuk menghindari tembok dari lembap yang dapat mempengaruhi cat menjadi berjamur dan rontok.
  8. Sebelum tembok diplamir, lapisi dulu tembok dengan wall sealer guna menetralisasi PH semen agar sesuai dengan PH cat. Dengan wall sealer, cat tidak mudah mengelupas dan warna cat tidak akan berubah dari warna aslinya.

Sudah Anda fikirkan kira-kira cat kamar Anda akan diganti dengan warna apa? Selain itu jadikan moment mengecat kamar ini sebagai pengalaman yang menyenangkan. Jadi saat Anda mengecat kamar nanti, Anda tidak merasa bosan. Selamat berkreasi. (gal/bbs)

 
Komentar Anda
ADVERTISEMENT
Koskosanku.com

Artikel Lainnya