Karakter Orang Sukses

Koskosanku.com - Karakter Orang Sukses

Karakter kita adalah penentu keberhasilan kita. Mari belajar dari orang-orang besar sebelum kita...

Ada pepatah mengatakan, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, sebenarnya kegagalan dan kesuksesan hanyalah sebuah pilihan dan hanya kitalah yang berhak untuk menentukan apa terbaik bagi kita. Siapa yang ingin sukses? Kelihatannya ini adalah pertanyaan yang mudah dijawab tetapi sangat sukar dilaksanakan.

Secara umum sukses dapat diartikan sebagai level teratas dalam taraf ekonomi seseorang. Karena tidak semua orang sukses sehingga banyak yang percaya bahwa orang sukses adalah orang yang memang dilahirkan untuk berhasil. Sudah garis tangannya untuk berhasil sehingga apapun yang dikerjakan memberikan hasil yang luar biasa. Orang yang memang digariskan untuk gagal apapun yang dikerjakan tidak akan berhasil. Padahal hal seperti itu adalah mitos yang salah.

Ada beberapa karakter yang bisa Anda bangun dalam diri Anda sehingga kesuksesan yang diimpikan mampu Anda capai. Karena karakter-karakter inilah yang mencerminkan orang tersebut mampu mencapai kesuksesan di masa mendatang. Berikut karakternya :

  1. Punya Komitmen

    Sifat yang pertama adalah komitmen. Orang yang sukses dalam hidupnya selalu memiliki komitmen yang kuat adalam segala hal. Lihatlah orang-orang besar yang Anda kenal. Hampir semuanya memiliki ini kan? Nabi Muhammad memegang komitmen meskipun deraan ujian menghalangi perjuangannya, Bilal sanggup menanggung hukuman cambuk untuk memegang komitmen aqidahnya. Orang besar lainnya juga demikian, dulu hingga sekarang.

  2. Bertanggung Jawab

    Orang sukses adalah bertanggungjawab. Tidak perlu dijelaskan panjang lebar, yang namanya tanggungjawab merupakan kaidah pokok orang-orang besar. Belajarlah dari Umar bin Abdul Azis ketika menjadi pemimpin 22 negara Islam dalam kekhalifahannya, lihatlah Syafrudin Prawiranegara ketika mengembalikan kursi kepresidenan kembali kepada Soekarno ketika ia kembali dan lihatlah tanggung jawab yang diberikan para pahlawan reformasi ketika para mahasiswa merasa dirinya merupakan agen perubahan.

  3. Perilaku positif

    Perilaku positif ini dominan dimiliki oleh para orang sukses. Karena dengan selalu berperilaku positif hal ini sejalan dengan pikirannya yang memiliki pikiran positif juga. Jadi apa yang dilakukannya akan bis amencapai kesuksesan karena berlandaskan pada sesatu hal yang baik.

  4. Anda adalah produk pikiran Anda.

    Apa saja yang mendominasi pikiran Anda setiap waktu, itulah yang akan Anda ciptakan dalam realita hidup, apakah itu berupa kemiskinan atau kekayaan, kegagalan ataukah keberhasilan, semua bersumber dari pikiran Anda.”Thinking is the hardest work there is, which is the probable reason why so few engage in it” (Henry Ford).

  5. Tabah dan pekerja keras

    Anda tidak akan pernah gagal, asalkan tidak berhenti mencoba. Jika Anda menghadapi kesulitan atau hambatan, cobalah mencari dan memikirkan cara lain yang lebih baik untuk mengatasinya. Selain itu orang yang berhasil dalam hidupnya senantiasa berjuang dalam meraih keberhasilan. Orang sukses selalu berjuang keras mencapai apa yang dicita-citakan.

  6. Memiliki sikap dan cara berfikir berbeda dengan orang kebanyakan.

    Inilah yang membuat mereka mampu bersaing. Sebenarnya pada saat seseorang dilahirkan, tidak ada yang langsung menjadi orang sukses atau pemimpin. Jadi pada awalnya semua bayi memiliki hal-hal yang sama yang dimiliki oleh yang lain.

  7. Antusias

    Orang besar dan orang sukses pada umumnya kita ketahui mereka selalu memiliki antusiasme yang tinggi dalam melakukan pekerjaan mereka. Bukan hanya sekedar mencintai pekerjaan tapi berusaha sebisa mungkin untuk mencapai hasil yang lebih dari biasanya. Motivasi untuk berprestasinya sangat tinggi. Antusias mereka terhadap pencapaian hasil didasari kesadaran dari dalam diri mereka sendiri dan sebagian lagi mungkin karena dorongan dari eksternal. Yang pasti mereka senantiasa melakukan pekerjaan dengan penuh gairah.

  8. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

    Selain memiliki rasa keingin tahuan yang cukup tinggi, tentunya orang-orang yang berkarakter sukses ini juga dan mampu beradaptasi dengan dunia yang baru, dan cepat-cepat belajar mengenal sesuatu yang baru. Bedanya, orang sukses dengan konsisten melakukannya tetapi orang yang gagal cenderung tidak memelihara apalagi mengasah sehingga lama-kelamaan potensi tersebut menghilang

Kini bagaimana dengan Anda? Siap membangun karakter dalam diri Anda sebagai orang yang sukses? Memang awalnya akan menemui banyak rintangan dan hambatan, namun dimasa yang akan datang, Anda akan mendapatkan sesuatu jauh dari apa yang Anda impikan. Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. (gal/bbs)

 
Komentar Anda
ADVERTISEMENT
Koskosanku.com

Artikel Lainnya