Merawat Gigi Berkawat

Asal tahu cara merawatnya, menghias gigi dengan behel tidak sesakit yang dibayangkan.

Beruntunglah bagi Anda yang memiliki gigi rapi dan teratur. Karena gigi model seperti ini bisa meningkatkan rasa percaya diri dengan dukungan senyum yang indah. Namun bagi Anda yang memiliki gigi tidak beraturan, jangan keburu minder. Karena banyak perawatan yang ditawarkan untuk mengatasi masalah gigi Anda. Salah satunya adalah dengan memakai kawat gigi.

Kawat gigi yang ditawarkan sekarang memang jauh lebih berfariasi, dan tentunya jauh lebih baik dari pada model Betty La Fea. Warna-warni cerah pun ditawarkan bagi Anda yang berjiwa muda. Atau kalau Anda tidak ingin terlihat mencolok bisa memakai kawat gigi transparent.

Akan tetapi, dibutuhkan perhatian ekstra demi mendapatkan hasil maksimal dari perawatan tersebut. Jika tidak rajin menjaga kebersihannya, akan timbul plak yang dapat menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi, serta perubahan warna gigi.

Untuk itu, jika Anda memutuskan untuk berkawat gigi, ada beberapa perawatan yang perlu Anda lakukan, di antaranya :

  • Ketika pertama kali dipasang, pemakaian kawat gigi dapat menyebabkan munculnya sariawan di mulut, serta rasa sakit yang menekan gigi selama tiga hingga lima hari. Untuk mengatasinya, larutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, dan berkumurlan menggunakan cairan tersebut. Apabila rasa sakit tetap tak tertahankan, telan sebutir aspirin.
  • Sikat gigi Anda, dengan cara genggam sikat gigi dan buat sudut 45 derajat untuk membersihkan kotoran dan plak yang ada di daerah sekitar kawat dan pin. Lakukan gerakan menyikat dari atas ke bawah pada setiap gigi. Ambil waktu sedikit untuk memastikan semua plak dan kotoran sudah tuntas dibersihkan. Lakukan hal yang sama pada gigi di bagian geraham lainnya.
  • Gunakan benang gigi (dental floss) beberapa kali dalam sehari, untuk menjangkau celah-celah yang tidak tersentuh sikat gigi. Kegiatan ini memang cukup memakan waktu karena harus dilakukan secara hati-hati. Jangan lupa, tanyakan kepada doter gigi Anda cara yang benar untuk melakukannya.
  • Berkumur dengan cairan pembersih mulut (mouth wash) untuk membunuh bakteri yang bersarang pada gigi dan mulut.
  • Hindari kebiasaan menggigiti benda-benda keras seperti pena, pensil, atau ujung-ujung kuku, karena dapat merusak kawat gigi, dan menyebabkan perawatan memakan waktu lebih lama
  • Jauhi minuman bersoda, karena mengandung karbon dioksida dan bersifat asam, yang dapat menyebabkan plak di sekitar kawat gigi. Jauhi pula makanan yang keras, lengket, ataupun kenyal seperti daging yang alot, bagel, wortel, berondong jagung, es batu, keripik, apel, karamel, serta permen karet.
  • Kunjungi dokter gigi secara rutin untuk melakukan check-up, minimal satu kali dalam enam bulan.

Semoga perawatan menggunakan kawat gigi Anda tidak memakan waktu yang terlalu lama. Sehingga gigi indah dan seyuman cantik pun segera menjadi milik Anda. (gal/bbs/kos)

 
 
Komentar Anda
ADVERTISEMENT

Artikel Lainnya