Tips Tepat Pakai Bedak

Pakai bedak enggak hanya asal tepuk.. Anda juga perlu mengenali jenisnya, supaya hasilnya sempurna...

Bedak merupakan salah satu kosmetika wajib bagi tiap wanita. Sepertinya kurang lengkap rasanya jika keluar rumah atau berangkat ke kantor tanpa mengaplikasikan bedak di wajah Anda. Seperti ada sesuatu yang kurang. Apalagi jika Anda diundang untuk datang ke acara pernikahan atau party seorang teman, rasanya bedak menjadi salah satu senjata utama untuk membuat wajah terlihat cantik.

Namun, terkadang banyak wanita tak paham cara memakai bedak yang benar. Alhasil, wajah pun terlihat seperti penari topeng. Bedak pun berantakan dimana-mana. Untuk memahami bagaimana cara mengaplikasikan bedak yang benar, sebelumnya Anda harus tahu juga tipe-tipe bedak yang berdedar dipasaran. Di antaranya:

  1. Loose Powder

    Dikenal sebagai bedak tabur, dalam bentuk bubuk yang halus. Dikenakan setelah alas bedak.

    Kelebihan : Mudah menyerap minyak diwajah dan menutupi pori-pori wajah lebih sempurna.

    Kekurangan : Mudah tumpah, kurang praktis. Maksimal penggunaan dua tahun.

  2. Compact Powder

    Bentuknya sangat padat, digunakan setelah pemakaian alas bedak

    Kelebihan : Cepat menyerap sekaligus mengurangi minyak. Bentuknya beragam, tidak mudah tumpah hingga praktis dibawa kemana-mana.

    Kekurangan : Bila dipulas berulang-ulang akan membuat wajah terlihat seperti memakai topeng. Sebaiknya pulaskan tipis-tipis saja.

  3. Shimmering Powder

    Bentuknya bubuk, berwarna, dan ber-glitter. Digunakan sebagai sentuhan akhir selesai berhias. Bedak jenis ini bisa dipulaskan di punggung, leher, lengan jika Anda memakai pakaian terbuka.

    Kelebihan : Wajah dan tubuh tampak berkilau dan bercahaya. Tersedia dalam aneka warna, dapat disesuaikan dengan tema tata rias.

    Kekurangan : Hanya bisa dipakai pada acara-acara khusus. Penggunaan maksimal 15 bulan

  4. Meteorite Powder

    Bentuknya bulat kecil berwarna-warni. Digunakan setelah bermake-up sebagai sentuhan akhir. Dipakai dengan memakai kuas besar, bukan dengan spons. Sapukan keseluruh wajah.

    Kelebihan : Wajah terlihat lebih bercahaya dan segar.

    Kekurangan : Harganya sangat mahal, karena belum banyak produsen yang mengeluarkan produk seperti ini.

  5. Two way cake Powder

    Bentuknya mirip compact powder, tapi memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai bedak sekaligus foundation. Digunakan setelah memakai pelembab dengan memakai spons kering bila ingin digunakan sebagai bedak, dan digunakan memakai spons basah jika ingin digunakan sebagai foundation.

    Kelebihan : Sangat praktis karena sekaligus berfungsi sebagai alas bedak, menutup dan menyerap minyak.

    Kekurangan : Warna-warnanya sangat terbatas dan tidak mampu menutupi flek hitam di wajah sehingga wajah tidak terlihat sempurna. Masa pemakaian satu tahun.

Kebanyakan wanita Asia setelah memakai bedak ingin mendapatkan kulit yang putih dan cantik. Namun hasilnya bedak yang dipakai justru membuat wajah menjadi seperti topeng. Untuk kulit Asia, baik yang kuning atau sawo matang. Umumnya bedak dengan nuansa warna kuning maupun kecoklatan lebih sesuai dibanding dengan bedak warna pink maupun putih pucat.

Selain memilih warna bedak yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Anda juga harus memikirkan jenis kulit Anda. Untuk kulit berminyak, gunakan bahan bedak yang mengandung bahan penyerap minyak agar wajah tampil segar tanpa kilap. Sedangkan untuk kulit normal atau kering, gunakan bahan bedak yang mengandung pelembab agar tidak menggumpal pada kulit wajah hingga wajah tampak halus.

Setelah mengetahui jenis bedak, warna yang sesuai dengan jenis kulit serata warna kulit Anda, kini saatnya untuk mengetahui bagaimana cara mengaplikasikan bedak yang benar. Yaitu :

  1. Langkah pertama agar bedak melekat sempurna, sudah pasti Anda harus minta bantuan pada foundation dan concealer. Setelalah dibubuhkan, lalu diamkan sebentar lebih kurang selama 1-2 menit agar meresap dan menyatu dengan tekstur kulit.
  2. Bubuhkan bedak dengan fokus di daerah T pada wajah. Daerah dahi, hidung dan dagu biasanya adalah daerah yang paling aktif memproduksi minyak.
  3. Bubuhkan bedak dan gunakan kuas berbulu tebal untuk membuang kelebihan dan sisa bedak, sehingga tampak halus dan merata. Untuk menghilangkan kelebihan/gumpalan bedak pada kulit, terutama pada sekitar garis rambut dan alis. Bersihkan bedak dengan gerakan memutar menuju arah bawah (arah dagu).
  4. Membubuhkan bedak langsung menggunakan kuas boleh saja, tapi ingatlah untuk tetap membersihkan wajah dari sisa kelebihan bedak sesudahnya.
  5. Gunakan bedak dibawah mata sebelum mulai merias mata, agar partikel-partikel rias mata (terutama eye-shadow) yang jatuh tertangkap oleh butiran bedak hingga mudah dibersihkan dan riasan tidak rusak
  6. Yang jelas, gunakan bedak sebelum Anda mulai merias wajah, selain sebagai dasar, ini juga berfungsi agar rias tersebut tahan lama. Ingatlah bahwa rias wajah apa pun, apalagi bedak, perlu waktu untuk diserap dan menyatu dengan kulit.
  7. Tunggulah selama 1-2 menit setelah Anda mengaplikasikan bedak. Jika tampilan bedak tersebut terlalu tebal, sapukanlah kuas bulu tebal pada permukaan wajah lalu semprotkan sedikit facial spray maupun air mineral. Tepuk-tepuk dengan lembut menggunakan tisu.

Kini Anda bisa memakai bedak dengan tepat. Sehingga semakin menyempurnakan make up Anda. Serta semakin memancarkan aura kecantikan dalam diri Anda. (gal/bbs)

 
 
Komentar Anda
ADVERTISEMENT

Artikel Lainnya