Merawat Rambut Kering

Menutupi rambut kering dengan pewarnaan? Justru semakin parah. Memang tidak bisa instan, simak cara perawatan & masker berikut...

Rambut adalah mahkota kecantikan bagi seorang wanita. Kalau rambut kita mengalami permasalahan tentunya kita merasa tidak nyaman atau tidak percaya diri. Apalagi rambut kering dan kusam pasti mengganggu penampilan. Selain sering kusut dan sulit diatur, rambut menjadi lemah dan mudah rontok.

Penyebab masalah rambut kusam ini umunnya adalah stress, terkena sinar matahari dengan intensitas “sering” dan penggunaan sampo yang tidak tepat. Kerusakan bisa bertambah dan semakin parah karena penggunanaan bahan-bahan kimia (termasuk proses pengeringan menggunakan hair dryer, pengeritingan dan pelurusan dan lain lain).

Kemajuan teknologi memang bisa menyembunyikan rambut yang rusak. Melalui proses pengecatan rambut yang kemerahan (efek dari terlalu sering tertimpa sinar matahari) menjadi hitam secara rambut yang bercahaya secara instan. Dengan highlight, rambut kusam berubah menjadi seketika rambut indah yang bercahaya. Tapi tahukah Anda di balik usaha penyelamatan itu, bukan kebaikan yang diperoleh, melainkan semakin memperparah kondisi rambut Anda?

Zat amoni dan peroxide yang terkandung didalam zat pewarna membuat pigmen dasar rambut menjadi berkurang akibatnya menjadi menjadi gampang patah, rusak dan berwarna kemerahan dan menjadi lebih kering. Sehingga rambut yang semula kering akan bertambah menjadi lebih kering jika Anda tidak melakukan perawatan yang jauh lebih ekstra.

Lebih baik Anda melakukan perawatan sendiri yang lebih alami dan aman. Walaupun hasilnya tidak bisa Anda dapatkan secara instan, namun dijamin perawatan ini membuat rambut Anda terkesan lebih alami dan sehat serta hasilnya akan tahan lama.

Perawatan

Pada tahap sebelum mencuci rambut bubuhkan krim vitamin A, D, E, F yang berasal dari tumbuh tumbuhan dan keratin seperti Shea Butter. Perawatan ini sangatlah dianjurkan, gunanya untuk memberikan makanan ke serat serat rambut, melembabkan dan mengembalikan keseimbangan rambut alami. Bagi wanita yang memiliki jenis rambut sangat kering dianjurkan untuk menambahkan lagi dengan krim yang mengandung minyak wortel (kaya akan vitamin A dan protein tumbuhan) untuk melembutkan rambut, memperbaiki rambut yang rusak, dan melembabkan rambut yang sangat kering menjadi normal.

Setelah tahap pertama usai, tahap berikutnya adalah mencuci rambut dengan menggunakan sampo. Bahan sampo yang mengandung Kalogen baik digunakan untuk menyembuhkan dan melembabkan kulit kepala dan rambut yang kering, juga untuk membangun kembali keseimbangan rambut yang alami dan serat serat rambut .
Penggunaan sampo ber-Kalogen cukup digunakan seminggu sekali. Selebihnya bisa menggunakan sampo biasa.

Penggunaan conditioner pada rambut sebagai langkah berikutnya tidak boleh dilupakan. Khususnya bagi rambut kering, jenis conditioner yang disarankan adalah sarat dengan vitamin A, E, Dan F agar rambut halus, tidak kaku dan bercahaya. Jangan menggunakan conditioner pada kulit kepala karena yang membutuhkan pelembab adalah rambut. Selain itu jika bila conditioner dibubuhkan pada kulit kepala, pori pori kulit kepala yang sudah terbuka dan bersih dapat menyerap krim tersebut sehingga dikhawatirkan produksi lemak akan menjadi berlebihan.

Sebagai sentuhan terakhir berikan hair tonic pada kulit kepala. Fungsi hair tonic adalalh untuk menguatkan akar rambut, merangsang pertumbuhan rambut baru dan merawat kulit kepala.

Masker alami

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan dari alam, untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut kering Anda. Karena terkadang rambut kering ini juag diiringi dengan warna kusam dan mengembang tidak karuan. Anda perlu mencoba beberapa varian masker alami berikut ini:

Masker Pisang

Bahan:
1 buah pisang Ambon (potasium bisa melembutkan batang rambut)
1 butir telur (pelembab alami)
3 sendok makan susu biasa (menguatkan folikel rambut)
3 sendok makan madu (pelembab alami)
5 sendok makan minyak zaitun (conditioner yang sangat bagus)

Cara membuat:
Remukkan pisang, lalu campurkan telur, madu, susu, dan minyak zaitun dalam satu mangkuk. Pastikan semua adonannya tercampur merata. Aplikasikan pada rambut. Untuk menghilangkan baunya, boleh ditutup dengan plastik. Diamkan selama 15-30 menit. Keramas dengan shampo lembut.

Masker Lemon

Bahan:
2 sendok teh jus lemon segar
1 sendok teh madu
2 sendok teh minyak kastroli/ minyak biji almond

Cara membuat:
Aduk semua bahan hingga tercampur dengan baik, kemudian oleskan campuran tersebut secara rata dan lembut mulai dari akar hingga seluruh bagian rambut. Kemudian tutupi rambut dengan handuk hangat, biarkan selama lebih kurang 1 1/2 jam. Lalu bilas menggunakan syampo sampai bersih.

Lakukan cara ini dua kali seminggu untuk hasil lebih maksimal. Campuran lemon, madu dan minyak almond akan menutrisi dan melembapkan rambut Anda. Hasilnya? Rambut menjadi sehat dan lebih berkilau!

Selamat mencoba. Semoga rambut indah dan lembut menjadi milik Anda. (gal/bbs)

 
 
Komentar Anda
ADVERTISEMENT

Artikel Lainnya